Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Penyakit Diabetes

Diabetes atau penyakit gula atau kencing manis (yunani: pancuran air, latin: rasa manis, indonesia: kencing manis) adalah suatu jenis penyakit gula darah dimana kadar gula dalam darah sudah melebihi batas normal (tinggi). Hal ini disebabkan tubuh tidak bekerja dengan baik memproduksi atau mengeluarkan insulin yang cukup. Insulin merupakan suatu hormon yang dihasilkan dari pankreas (bagian organ tubuh yang terletak disamping lambung), hormon insulin ini bekerja untuk membuka reseptor pada dinding sel supaya glukosa bisa lancar masuk ke sel. Kemudian pada sel akan mengubah glukosa menjadi sebuah energi, energi inilah yang sangat diperlukan tubuh manusia dalam kelangsungan aktifitas. Nah, apabila produksi insulin ini tidak mencukupi, maka akan terjadi penimbunan glukosa dalam darah, inilah yang menyebabkan penyakit diabetes.

Diabetes merupakan salah satu penyakit terbesar dengan penderita terbanyak, pasalnya oenyebab utama terjangkit penyakit diabetes karena pola makan yang salah, tidak teratur, dan tidak bergizi. Karena pada dasarnya semua makanan yang kita konsumsi akan diolah tubuh menjadi sebuah energi, dimana lambung dan usus akan bekerja sebagai pengurai makanan tersebut menjadi beberapa elemen dasar, termasuk gula atau glukosa ini, produksi gula ini akan disalurkan ke pankreas untuk diubah menjadi insulin yang membantu jalannya gula masuk ke dalam sel-sel tubuh. Sehingga gula tersebut dapat diserap tubuh dengan baik hingga menghasilkan energi.

Diabetes dibedakan menjadi 2 berdasarkan gejala dan ciri yakni

  1. Gejala Diabetes Basah
  • Adanya infeksi pada jaringan kulit, saraf dan otot yang disebabkan oleh virus bakteri clostridium yang banyak terjadi bagian kaki.
  • Timbul luka akibat infeksi, karena gula darah tinggi, dimana luka ini sukar sembuh bahkan bisa menjadi lebih parah, sehingga bila luka semakin parah akan mengakibatkan kebusukan sehingga akan berujung bagian terinfeksi tersebut harus di amputasi.
  1. Gejala Diabetes Kering
  • Nafsu makan meningkat, Hal ini disebabkan tidak ada stok glukosa memasuki sel tubuh, karena semua gula masuk ke dalam darah
  • Sering merasa kehausan seperti kekeringan
  • Penglihatan kabur akibat kadar gula darah meningkat hingga mempengaruhi lensa mata
  • Sensitif yang menyebabkan mood berubah-ubah
  • Terasa pegal dan nyeri di bagian otot
  • Berat badan turun drastis, meskipun banyak makan namun tubuh tetap mengalami penurunan berat badan
  • Nafas menjadi bau yang tidak sedap.

Namun sebenarnya dalam dunia medis, diabetes terbagi menjadi 4 golongan berdasarkan penyebab, jenis penyakitnya dan pengobatan, diantaranya

  1. Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 ini umumnya banyak terjadi pada anak-anak dan remaja usia muda. Dimana penyebab utamanya karena pankreas tidak bekerja dengan baik untuk menghasilkan hormon insulin sehingga tidak ada insulin yang dihasilkan. Hal ini disebabkan faktor kelainan ketika lahir seperti lahir prematur yang menyebabkan terjadi kerusakan pada pankreas sehingga tidak bisa berkembang. Pada dasarnya diabetes atau penyakit kencing manis timbul disebabkan insulin dalam tubuh tidak mencukupi sehingga gula semakin banyak menumpuk dalam darah. Pada diabtes tipe 1 ini apabila tidak cukup insulin, kadar gula darah akan naik drastis, tapi bila insulin terlalu banyak maka kadar gula darah akan turun drastis untuk itu penderita diabetes tipe 1 ini harus selalu kontrol dan selalu memperhatikan keseimbangan mulai dari insulin, aktivitas maupun makanan.

  1. Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 umumnya banyak menyerang orang tua terutama usia lebih dari 40 tahun. Hal ini disebabkan karena pola gaya hidup yang kurang sehat, kebanyakan pada diabetes tipe 2 penderitanya terdeteksi berada diusia sekitar 30 tahunan. Penyebab utamanya karena hormon insulin sulit masuk ke sel-sel tubuh akibat banyaknya lemak, kolesterol dan asam urat. Biasanya penderita diabetes tipe 2 ini dalam pengobatannya menggunakan obat anti diabetes seperti obat glibenclamide (meningkatkan produksi insulin pada pankreas), metformin (melancarkan insulin masuk ke sel tubuh) dan suntik insulin.

  1. Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional merupakan salah satu sub-tipe dari penyakit diabetes melitus, biasanya menyerang pada wanita hamil khusunya pada usia kandungan 6 bulan, yakni wanita yang sedang hamil dimana sebelumnya tidak pernah terdiagnosis mengidap diabetes namun ketika di cek ternyata kadar glukosa darah terlalu tinggi. Namun akan sembuh dengan sendirinya ketika setelah melahirkan. Bagi orang awam kondisi diabtes gestasional dianggap sebagai keadaan alamiah yang dialami pada wanita hamil. Penyebab utmanya dikarenakan insulin tidak bekerja dengan baik akibat kehamilan yang menghalangi insulin berjalan memasuki sel tubuh sehingga membuat kadar glukosa meningkat.

Oleh karena itu, untuk menormalkan kembali fungsi pankreas dan insulin dalam tubuh kita bisa atasi dengan melakukan terapi diabetes, hal ini bertujuan untuk menormalkan kadar gula dalam darah dan mencegah terjadinya komplikasi lain. Tips terapi diabetes yaitu

  1. Rajin mencari informasi seputar diabetes dan memahami kelebihan, kekurangan diabetes beserta pengobatan dan cara pencegahan
  2. Olahraga minimal seminggu 3-4 kali selama 1/2 jam.
  3. Menjaga pola makan sehat dan seimbang, seperti makanan rendah gula, tinggi kalori Hitungan batasan kalori per harinya yaitu
  • Wanita =25 kalori x berat badan
  • Pria =30 kalori x berat badan

Dengan aturan pola makan 3 kali makanan utama dan 3 kali makanan ringan

  1. Terapi insulin, pastikan anda mengkonsumsi sesuai dengan anjuran dokter
  2. Swa-monitoring glukosa darah, membantu mengecek gula darah dalam beberapa waktu tertentu secara mandiri dengan jangka waktu.

70 total views, 3 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.