Wajib Dibaca : Gejala-Gejala Asma yang Sering Muncul

Kebanyakan orang akan menjadi pusing dan galau dalam pengobatan asma yang terlanjur parah. Oleh kaena itu, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu gejala – gejala asma yang ditimbulkan penyakit asma tersebut sebelum menjadi lebih serius. Gejala adalah tanda – tanda awal yang dapat diidentifikasi sebagai bentuk awal mulanya terbentuk sebuah penyakit. Nah, dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut tentang tanda – tanda apa saja yang muncul sebelum seseorang terkena penyakit asma dan bagaimana perawatan awal yang perlu dilakukan agarpenyakit asma tidak jadi diderita oleh pasien. Asma sendiri adalah penyakit pernafasan yang membuat para penderitanya merasakan sesak yang berlebihan di daerah dada pada kondisi – kondisi tertentu sehingga pasien tersebut susah menarik masuk oksigen ke dalam paru – paru mereka.Beberapa orang yang akan mengalami asma akan memperoleh tanda – tanda sebagai berikut:

 

  1. Batuk-Batuk

Jika anda memiliki frekeunsi batuk yang lama (lebih dari 10 hari) maka berkonsultasilah pada dokter. Banyak dari penderita asma yang sebelumnya mengalami batuk – batuk berkepanjangan. Batuk adalah sebuah tanda awal terinfeksinya paru – paru kita. Biasanya, pengobatan batuk yang kurang sempurna akan membuat tubuh pasien lebih rentan terkena penyakit asma.

  1. Susah bernafas di malam hari

Kebanyakn gejala asma yang muncul pada calon penderitanya adalah susahnya mereka untuk bernafas di malam hari. Hal yang sama juga sering terjadi ketika pasien saat suhu di sekitarnya dingin. Jika anda mendapati hal ini, segeralah berkonsultasi pada dokter dan pastikan ruangan anda yang anda pakai untuk tempat tidur memiliki cukup ventiasi.

  1. Flu yang Tak Kunjung Sembuh

Sakit flu yang sembuh dalam waktu lama mengindikasikan adanya paparan virus atau bakteri yang cukup serius di dalam paru – paru anda. Basanya penderita dengan jenis bakteri penyakit  pneumonia harus mengkonsu. msi obat – obataan  berupa antibiotik dalam dosis tinggi. Tentu saja hal ini atas instruksi dari dokter.

Bagaimanapun gejala yang terjadi di setiap orang akan berbeda – beda, karena dipengaruhi beberapa faktor seperti genetika, musim/ cuaca, dan pola hidup. Namun faktor – faktor di atas setidaknya bisa menjadi pedoman anda untuk mengenali gejala asma. Dengandemikian, kalaupun asma sudah menjangkiti diri anda, maka anda dapat melakukan langkah preventif untuk melakukan pencegahan sebelum asma anda bertambah parah

Apabila anda memutuskan untuk menemui dokter untuk berkonsultasi tentang kesehatan anda, maka anda perlu mencatat beberapa hal yang bisa mempermudah dokter menganalisa penyakit anda. Beberapa faktor tersebutlah yang akan ditanyakan dokter untuk mengobservasi apa yang sebenarnya terjadi pada diri anda. Apakah hal tersebut adalah gejala asma, ataukah sakit ringan saja seperti flu namun tidak kunjung sembuh. Beberapa pertanyaan yang mungkin diajukan dokter antara lain adalah :

  • Berapa lama anda sudah mengalami batuk dan sesak nafas ?
  • Apakah anda merasa pilek yang anda alami tidak kunjung sembuh dalam 10 hari?
  • Obat – obatan apa yang telah anda gunakan sebelumnya ? (karena beberapa obat memiliki efek samping sesak nafas)
  • Apakah ada keturunan yang berpenyakit asma dari keluarga anda ?
  • Faktor – faktor apa saja yang biasanya membuat gejala – gejala asma yang anda alami lebih buruk ?

Cobalah siapkan catatan kecil untuk sekedar menjawab daftar pertanyaan tersebut. Dengan demikian, dokter akan dapat lebih mudah mengambil langkah terapis yang paling sesuai untuk kebutuhan anda.

41 total views, 3 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.