Tips Mengatur Diet Saat Ramadan

Tips Mengatur Diet Saat RamadanDatangnya Ramadan selalu disambut dengan gembira. Setelah puasa seharian, biasanya saat berbuka menginginkan sajian istimewa. Makanan dan minuman serba manis serta berlemak kerap menjadi santapan favorit. Alhasil Ramadan berlalu, berat badan menjadi bertambah. Agar tak kebablasan, atur menu diet anda dan pilih menu dengan gizi seimbang.

Di bulan Ramadan yang mewajibkan umat islam berpuasa, merupakan waktu yang tepat untuk detoxifikasi lambung. Sehingga lambung yang selama ini bekerja terus menerus, saat berpuasa lambung diistirahatkan sehingga dapat memperbaiki sel-selnya. Namun tidak sedikit umat islam, saat siang berpuasa, namun setelah berbuka menyantap berbagai makanan berat sehingga membebani kerja lambung.

Seperti yang dijelaskan oleh Eko Dwi Martini DCN bahwa setelah berpuasa seharian, lambung jangan diajak bekerja keras. Artinya mengonsumsi makanan secara bertahap. Diberikan contoh menu ahli gizi dari RSU Graha Amerta Surabaya ini, membatalkan buka puasa cukup dengan air putih dan kurma dengan hitungan ganjil. “Ini seperti yang disunahkan oleh Nabi, maka kurma jika ukurannya besar cukup satu, tetapi untuk ukuran sedang atau kecil bisa 3-5 buah,” ujarnya.

Tips Mengatur Diet Saat Ramadan

Setelah dilanjutkan dengan menu berbuka yaitu nasi lengkap dengan lauk nabati dan hewani masing-masing satu potong yang dilengkapi dengan sayur serta buah. Selanjutnya, selepas Tarawih, dapat dilanjutkan dengan mengonsumsi air putih dengan tambahan irisan buah atau kue.

Sementara, untuk makan sahur disamakan dengan menu berbuka puasa, yaitu seporsi nasi dilengkapi lauk hewani serta nabati masing-masing satu potong, kemudian dilengkapi dengan sayur serta buah.

Bahayakah Mendengkur Itu ?

  • Bahan berkualitas

Selain membagi menu makanan yang dikonsumsi, saat Ramadan seharusnya memilih bahan makanan yang sehat. Diingatkan oleh wanita yang akrab disapa Eko ini bahwa untuk menjaga pola makan dan berat tubuh selama Ramadan, dibutuhkan makanan yang berkualitas. Baik berkualitas secara bahan, cara mengolah serta bumbu yang digunakan.

Berikut ini tiga hal yang harus dihindari selama diet saat Ramadan.

  1. Gorengan

Segala jenis makanan yang digoreng harus dibatasi, lebih baik jika dihindari, terutama ketika menjelang berbuka. Karena kandungan minyak berlebihan dapat merangsang timbulnya radang pada tenggorokan. Selain itu, juga dapat membebani kerja lambung. “Setelah seharian istirahat, tiba-tiba lambung diberi beban berat untuk mengolah lemak jenuh, tentu akan membuat lambung bekerja ekstra,” ungkapnya.

  1. Makanan manis

Membatasi makanan yang manis-manis juga merupakan langkah yang sangat bijak. Karena dalam makanan yang manis mengandung kalori cukup tinggi. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis, juga dapat membebani kerja pangkreas untuk mentralisir gula dalam darah. Terlebih bagi yang berbakat atau sudah menderita diabetes mellitus.

  1. Berlemak

Makanan yang berlemak harus dihindari, terutama di awal-awal berbuka. Seperti kulit ayam atau bagian daging yang banyak mengandung lemak. Pilih bagian daging yang benar-benar bebas lemak. Begitu juga ingin mengonsumsi ayam, pilih ayam tanpa kulit. “Untuk makanan yang berlemak, lebih baik ditinggalkan saja, karena kandungan lemaknya sangat tidak ramah untuk tubuh, bahkan dapat membahayakan,” pungkas Eko.

Demikian Tips Mengatur Diet Saat Ramadan, Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel ini Mengapa Anda Harus Berhenti Merokok Sekarang Juga.

 

70 total views, 3 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.