Sakit Perut? Ini dia obatnya!

Sakit perut hampir dirasakan oleh sebagian besar orang. Salah satu penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri di bagian perut ini memang cukup mengganggu aktivitas harian. Bahkan,bila tidak segera diatasi dengan cepat, gejala sakit perut juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan nyawanya. Jangan pernah meremehkan sakit perut karena gejala sakit perut bisa menjadi menifestasi dari beberapa penyakit kronis yang berbahaya. Untuk mengetahui masalah sakit perut beserta solusinya, anda bisa membaca ulasan lengkap berikut ini.

 

Pengertian Sakit Perut

Sakit perut merupakan gejala penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri di sekitar abdomen perut. Gangguan ini bisa mengganggu konsentrasi dalam aktivitas harian. Sakit perut pada dasaranya sama saja dengan penyakit ringan lainnya. Hanya saja, terkadnag ada penyakit kronis yang memiliki gejala sakit perut pada penderitanya. Untuk memastikan gejala sakit perut yang anda derita, ada baiknya untuk anda mengenai beberapa penyebab dari sakit perut.

Kategori Penyakit Sakit Perut

Sakit perut dapat dikategorikan menjadi beberapa macam berdasarkan penyebabnya. Beberapa kategori sakit perut ini antara lain :

  1. Sakit perut yang disertai dengan diare

Diare merupakan kondisi yang biasanya menyebabkan seseorang mengalami nyeri disekitar perut. Gejala sakit perut ini biasanya terjadi akibat gangguan bakteri maupun virus. Biasanya untuk mengobati kategori sakit perut satu ini, segeralah memeriksakannya ke petugas medis terdekat.

  1. Sakit perut karena masuk angin

Gejala sakit perut banyak dipicu oleh beberapa penyebab, salah satunya yaitu masuk angin. Kategori sakit perut satu ini ditandai dengan rasa kram dan kembung. Untuk mengobati sakit perut tipe ini, anda bisa menggunakan obat – obatan di apotek tanpa perlu resep dari dokter. Salah satu obat sakit perut untuk kategori satu ini yaitu buscopan yang dijual bebas di apotek.

  1. Sakit perut yang dipicu oleh penyakit kronis

Gejala sakit perut bisa dipicu oleh gangguan penyakit kronis. Beberapa penyakit kronis yang menimbulkan gejala sakit perut, yaitu :

  • Radang usus buntu, penderita penyakit kronis ini biasa ditandai dengan rasa sakit di kanan bawah perut. Untuk mengobati sakit perut yang disebabkan penyakit kronis ini anda bisa mengatasinya dengan operasi.
  • Batu empedu, sakit perut yang disebabkan oleh penyakit batu empedu biasa ditandai dengan rasa kembung. Salah satu cara mengatasi penyakit sakit perut karena gangguan batu emepedu, yaitu dengan jalan operasi pengambilan batu empedu.

Cara Menjaga Kesehatan Perut

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Anda bisa menjaga kesehatan organ perut anda dengan pola hidup yang sehat yaitu :

  1. Memulai untuk tidak merokok
  2. Membiasakan makan secara teratur
  3. Melakukan olahraga yang teratur
  4. Menjaga kesehatan tubuh dengan menghindari stress
  5. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
  6. Utamakan makan makanan tinggi serat
  7. Hindari minuman yang mengandung tinggi kafein

Jangan pernah menganggap remeh sakit perut yang anda derita. Atasi segera sakit perut anda, karena kesehatan adalah asset yang berharga di hidup anda.

19 total views, 3 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.