Sakit Mata Merah dan Gejala Awalnya

Beberapa dari kita beranggapan bahwa sakit mata merah merupakan hal sepele. Namun, tahukah anda bahwa mata merah bukan hanya terjadi ketika anda merasa kantuk, lelah, atatu terpapar polusi udara. Beberapa kasus mata merah menunjukkan bahwa bakteri dan virus juga bisa menjadi penyebab dari sakit mata itu sendiri. Ketika kita mengalami sakit mata dan mata kita menjadi merah. Pembuluh darah di mata kita akan mengalami peradangan atatu pembengkakan, sehinga menyebabkan mata kita terlihat merah. Sakit mata memang mengganggu, terutama jika kita berusaha untuk bekerja dengan kondisi mata merah. Oleh karena itu, dengan mengetahui gejala awalnya dan paham mengenai pertolongan pertama yang tepat guna akan membuat anda terhindar dari ketidaknyamanan bekerja karena sakit mata.

Sebelum anda mengalami sakit mata merah, maka ada beberapa gejala minor yang mungkin sedikit anda rasakan. Beberapa jenis sakit mata merah yang disebabkan oleh bakteri membuat penderitanya mengalami gatal – gatal di daerah sekitar mata hingga keluarnya kotoran mata yang berlebihan. Jika anda mengalami hal ini, dapat dipastikan ada bakteri yang bersarang pada mata anda. Pengobatan pada saat anda merasakan gatal – gatal pada mata anda dapat dilakukan dengan mencuci mata mata anda pada obat cuci mata yang disediakan di apotek – apotek terdekat. Obat ini dipergunakan untuk pengobatan luar. Anda harus memakai gelas mata dalam memakainya. Biasanya obat cuci mata ini juga menyertakan gelas mata kecil dalam satu paket pembeliannya. Dengan tindakan pencegahan seperti ini, anda akan terhindar  dari 1 minggu lamamnya pengobatan mata saat sudah terjangkit mata merah yang disebabkan bakteri.

Jika penyebabnya adalah mata lelah, anda akan merasa mata anda berasa sedikit (bahasa jawa : Sepet) setelah bekerja. Ini wajar jika anda adalah pekerja keras yang menggunakan laptop dalam jangka waktu untuk membantu pekerjaan anda. Namun menjadi tidak wajar jika mata anda cepat lelah sebelum waktunya. Jika anda mengalami mata cepat lelah, banyaklah mengkonsumsi viamin A. Anda bisa mendapat asupan vitamin A dengan memakan wortel ataupun sayuran lainnya. Dalam kasus ini, wortel sebaiknya dimakan mentah – mentah. Caranya adalah siapkan satu buah wortel, kupas kulit luarnya, lalu cuci sampai bersih. Lalu jadikan wortel ini sebagai makanan ringan anda. Rasanya juga tidak terlalu buruk, bahkan tidak ada bedanya dengan yang anda makan di sup, malah lebih manis, segar, dan lezat.

Beberapa sakit mata merah malah tidak memiliki gejala yang ia munculkan. Seperti saat kondisi batuk kronis, secara otomatis sakit mata yang nampak adalah mata merah. Mata merah yang muncul saat anda batuk dengan intensitas berdehem yang tinggi akan membuat pembuluh darah dan otot di sekitar mata anda tertekan keluar. Hal ini sering membuat mata anda memiliki bercak darah yang sangat jelas di bagian putihnya. Namun anehnya, anda tidak merasakan sakit di mata dan tidak mendapati adanya gejala yang muncul sebelumnya. Ketika kasus seperti ini terjadi, anda tidak perlu khawatir karena dengan sendirinya bercak darah ini akan hilang dalam hitungan hari saja. Hal ini disebabkan mata anda sebetulnya tidak mengalami sakit mata, hanya menglami pelebaran pembuluh darah.

Jika anda adalah orang yang sering berinteraksi dengan laptop, smartphone, maupun televisi dalam jarak dekat, cobala untuk mengurangi frekuensinya mulai dari sekarang. Karena inilah penyebab yang sering menjadi dalang dari mata lelah di abad 21 ini. Penyebab ini juga membuat penderitanya memiliki sakit mata rabun jauh atau dekat.

75 total views, 2 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.