Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes – Disaat ini, banyak bermunculan penyakit mematikan yang mengundang teror pada kelangsungan kehidupan manusia. Salah satunya adalah penyakit Diabetes. Kami merasa, sekalipun pengaruh Diabetes pada fisik dan psikis orang sangat besar, masih banyak kalangan belum mengenal penyakit ini dengan lebih mendalam. Maka dari itu, dibawah ini akan kami jelaskan tentang pengertian penyakit Diabetes.

Kata Diabetes merupakan kata serapan dari bahasa Yunani yang mempunyai makna etimologi yaitu tembus atau saluran air. Sedangkan makna etimologi Diabetes dari bahasa Latin adalah manis. Dalam etimologi dan leksikologi kata pada bahasa Indonesia, Diabetes diartikan sebagai kencing manis. Penyakit Diabetes ini menyerang tubuh penderitanya dikarenakan bertumpuknya glukosa atau kadar gula di dalam darah sehingga tensi darah semakin meningkat karena organ tubuh telah gagal menciptakan insulin sesuai kebutuhan tubuh. Dikatakan kecing manis karena penelitian medis mengungkapkan, urine dari penderita Diabetes rasanya manis seperti gula.

Segala makanan yang kita makan biasanya di-ekstrak secara otomatis oleh tubuh kita sehingga berubah menjadi asupan energi. Di organ dalam seperti usus dan lambung, makanan yang kita makan akan di-ekstrak menjadi aneka varian unsur pembentuk dari organ tubuh tersebut. Salah satu hasil pengolahannya adalah Glukosa. Kalau di dalam tubuh terdapat glukosa, maka Pankreas bisa menciptakan insulin yang bertugas untuk mempermudah aliran gula darah ke area sel terpenting untuk tubuh. Selanjutnya, gula tersebut, bisa digunakan sebagai bahan pembakaran untuk menciptakan energi dalam tubuh kita.

Pertanyaannya adalah, bagaimana dengan penyakit Diabetes itu sendiri?

Tatkala orang didakwah telah mengidap Diabetes, maka sebenarnya organ pankreas orang tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Organ ini tidak mampu menciptakan kadar insulin yang memadai sebagai sarana untuk menyaring gula dari asupan makanan yang dimakan. Itulah yang menjadi faktor meningkatnya kadar gula di dalam darah orang tersebut. Karena ketidakmampuan pankreas-nya untuk meng-ekstrak gula menjadi energi tubuh.

Sedangkan faktor penyebab yang lain adalah kadar insulin yang telah rusak sehingga tubuh tidak bisa mengambil faedah dari proses kerjanya. Pertanyaan selanjutnya adalah apa yang dimaksud dengan insulin? Dibawah ini akan kami bahas tentang insulin dalam tubuh manusia:

Insulin merupakan satu hormon yang diciptakan oleh Pankreas, satu organ kecil di area lambung kita. Biasanya hormon insulin menempelkan diri di samping tembok sel pada reseptor reseptor tubuh. Hormon insulin berfungsi untuk memperlebar jalan pada tembok sel supaya gula darah dalam tubuh bisa menerobos sel. Selanjutnya sel tersebut akan meng-ekstrak glukosa menjadi energi tubuh yang sangat penting bagi tubuh kita dalam hal pergerakan tubuh di setiap aktifitas.

Artinya, fungsi hormon insulin adalah untuk mempermudah pergerakan gula darah ke dalam sel supaya bisa di ekstrak menjadi energi dengan sempurna. Kalau kadar insulin tidak mencukupi untuk melakukan proses ekstrak, maka akan terjadi penumpukan gula dalam darah. Penumpukan inilah yang disebut dengan penyakit Diabetes.

Biasanya faktor awal penyebab penyakit Diabetes bisa digolongkan menurut jenisnya. Pada umumnya jenis penyakit Diabetes dibagi menjadi 2 yaitu Diabetes tipe 1 dan Diabetes tipe 2. Yang membedakan diantara 2 kategori Diabetes diatas ialah, kalau Diabetes tipe 1 biasanya disebabkan adanya problem di organ pankreas. Sedangkan untuk Diabetes tipe 2 disebabkan oleh jumlah insulin yang tidak mencukupi sehingga pankreas mengalami kerusakan.

Demikianlah pengertian tentang penyakit Diabetes. Semoga kita dihindarkan dari penyakit mematikan ini.

25 total views, 2 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.