Pengertian Penyakit Diabetes Mellitus

Pengertian Penyakit Diabetes Melitus – Penyakit Diabetes Mellitus merupakan satu penyakit yang disimbolkan dengan terciptanya kadar gula darah cukup tinggi di dalam tubuh diakibatkan oleh kerusakan area sekresi hormon insulin yang mengakibatkan proses kejra insulin menjadi terhambat. Tubuh penderita diabetes tipe ini, tidak akan mampu menciptakan dan menerima Hormon insulin yang berasal dari ekstrak organ pankreas. Sehingga kadar gula dalam darah menjadi naik. Kenaikan kadar gula inilah yang biasanya menimbulkan komplikasi akut maupun ringan untuk para penderita diabetes.

Pada dasarnya penyakit Diabetes Militus ini dikategorikan menjadi 3 tipe yaitu:

Diabetes Militus I

Diabetes Militus ( DM ) I pada dasarnya menampakkan gejala awal pada umur penderita pra 35 tahun. Sekalipun ada beberapa kasus yang membuktikan kalau gejala DM I bisa timbul tanpa mengenal usia. Bagi penderita DM I membutuhkan Hormon insulin ekstenal melalui proses transfusi dari luar tubuh supaya sang penderita masih bisa bernafas dengan baik.

Diabetes Militus II

Pada umumnya Diabetes Militus II atau DM II banyak diderita oleh orang dengan usia diatas kepala 3. Tingkat keparahan pasien tidak seperti DM I yang mengharuskan adanya transfusi Hormon dari luar setiap hari. Kecuali ada kondisi tertentu yang mengharuskan transfusi untuk kelangsungan hidup si pasien.

Diabetes Militus Gestasional

DM Gestasional ini merupakan tipe diabetes yang terakhir. Biasanya DM tipe ini diderita oleh ibu hamil karena disebabkan oleh kerusakan glukosa yang tidak sensitif dengan perubahan suhu tubuh dan kondisi organ pada wanita yang hamil.

Untuk sekarang ini, para penderita Diabetes sudah semakin banyak, terutama untuk penderita DM II. Pasalnya, saat ini banyak orang dewasa yang memiliki style hidup sangat buruk dan tidak steril, malas berolahraga serta pikiran mereka gampang frustasi. Padahal pola hidup tidak baik, makanan tidak steril dan pikiran stress bisa memicu hadirnya penyakit di tubuh kita termasuk DM tipe II. Selain beberapa sebab diatas, Penelitian medis menyebutkan bahwa faktor penyebab lahirnya DM II di tubuh manusia selanjutnya adalah faktor gen, kondisi fisik, usia, kegemukan dan sebagainya.

Pertanyaannya adalah bagaimana gejala awal DM tipe II ini? Dibawah ini akan kami jelaskan tentang gejala DM II yang harus anda ketahui sehingga anda bisa melakukan deteksi dini untuk mencegah DM II bertambah parah.

  • Mengalami sensasi rasa haus yang berkepanjangan
  • frekwensi urine yang tidak terbendung ( terus mau kencing )
  • selalu merasa lapar sekalipun sudah makan dengan porsi banyak
  • tensi berat badan turun drastis tanpa sebab akibat

Kalau anda merasa mendapatkan gejala gejala diatas, segera lakukan pemeriksaan glukosa dan Hormon Insulin anda dengan syarat anda harus berpuasa selama kurang lebih 8 jam pra periksa.

Teknik yang terpenting yang harus dilaksanakan oleh penderita penyakit Diabetes Militus adalah melakukan cek up kadar gula dalam tubuh secara rutin dan dalam pengawasan dokter ahli. Pasalnya kadar gula yang berlebihan karena lepas dari pengawasan, bisa menimbulkan komplikasi seketika baik dengan skala pendek maupun panjang. Komplikasi skala pendek akrab diistilahkan sebagai hipoglikemia yang merupakan satu kondisi tidak stabil disebabkan oleh kadar gula darah sangat rendah. Sedangkan komplikasi skala panjang biasanya disebabkan oleh rusaknya beberapa organ tubuh secara sekaligus seperti saraf dan pembuluh darah.

Demikianlah postingan kami saat ini mengenai pengertian penyakit Diabetes Melitus. Terus jaga kesehatan anda dan jangan lupa untuk berdoa kepada tuhan yang maha esa agar diberikan kesehatan sepanjang hayat. terima kasih.

20 total views, 3 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.