Mengapa Anda Harus Berhenti Merokok Sekarang Juga

Mengapa Anda Harus Berhenti Merokok Sekarang Juga – Banyak penelitian terhadap beberapa kasus telah ditemukan beberapa bukti adanya hubungan merokok dengan komplikasi  penyakit lain diantaranya yaitu

  • Jantung koroner dan paru-paru

Partikel yang terkandung dalam asap rokok seperti benzopiren, dibenzopiren tar seta uretan yang mana partikel tersebut dikenal sebagai jenis bahan karsinogen. Dari kandungan partikel ini dapat memicu kerusakan dan terjadi perubahan terhadap struktur jaringan dan fungsi jaringan pada tubuh terutama terjadi gangguan pada sistem saluran pernapasan yakni paru-paru, kebiasaan merokok ini akan menimbulkan resiko kanker paru-paru. Disamping itu kandungan Nikotin dan zat CO memicu kinerja fungsi dalam meningkatkan kebutuhan oksigen akibatnya akan menganggu suplai oksigen ke otot jantung. Hal ini akan berdampak pada kerusakan dinding pembuluh daraj

  • Pembuluh darah perifer

Apabila pembuluh darah perifer terjadi gangguan maka akan terjadi suatu penyakit pada pembuluh darah perifer yang mana penyakit ini ikut melibatkan pembuluh darah pada bagian tangan. Biasanya beberapa kasus ditemukan pada perokok berat dewasa muda akan terjadi amputasi.

Baca : Produk-Produk MLM Herbal yang Laris di Pasarkan di Indonesia

  • Pembuluh darah otak

Kebanyak seseorang yang mengalami penyumbatan pembuluh darah otak itu akan berkibat fatal pada resiko penyakit lain salah satunya adalah stroke. Meski stroke ini bisa disebabkan karena tekanan darah tinggi namun beberapa penelitian mengungkapkan resiko tertinggi stroke dan kematian berasal dari perokok berat dibandingkan dengan bukan perokok.

  • Terkena virus HIV AIDS

Penurunan kekebalan tubuh perokok menjadi pencetus lebih mudah terkena AIDS sehingga berhenti merokok penting sekali. Beberapa penelitian menemukan bahwa pada perokok berat terjadi penurunan fertilitas (kesuburan) secara bermakna.

Baca : Sering Sakit Kepala, Waspada Tumor Otak

Namun yang sering dipertanyakan “Mengapa sulit untuk berhenti merokok“.

Secara fisiologis, kandungan nikotin akan tersalurkan sampai kepada susunan saraf pusat dalam waktu hanya 6 detik serta mengikat reseptor nikotinik dan asetilkolin pada organ otak. Ikatan ini berakibat terjadi pelepasan dopamin yang akan menimbulkan gejala rasa tenang dan nikmat masa waktu dopamin hanya 2 jam saja. Ketika kadar dopamin sudah menurun, Maka akan timbul gejala ketagihan seperti gelisah, merasa tidak nyaman dan sulit berkonsentrasi.

Cara jitu membuat diri sendiri agar mau berhenti merokok

  • Berawal dari hati nurani anda, apakah anda benar-benar berniat ingin berhenti merokok.
  • Kemudian niat tersebut didukung oleh orang-orang sekitar baik pasangan, keluarga maupun sahabat dan teman anda.
  • Didukung oleh pengawasan dokter
  • Menjauhkan diri dari hal-hal berbau rokok, baik dirumah, kantor atau tempat lainnya seperti bungkus rokok, putung rokok, asbaak dan korek api.
  • Hindari teman atau rekan kerja yang perokok
  • Lakukan banyak aktifitas pada waktu yang biasanya anda gunakan untuk merokok, carilah sesuatu hal yang baru untuk memperbaiki mood merokok anda dan berusaha untuk move on dari rokok.
  • Bila timbul keinginan merokok, beralihlah untuk makan buah atau makanan yang anda sukai.

Sebenarnya sebagiaan besar perokok sadar merokok itu tidak sehat. Mereka ingin berhenti merokok, namun hanya 5% yang berhasil berhenti merokok tanpa bantuan setelah 6-12 bulan. Berhenti merokok harus dimulai dari keinginan diri sendiri barulah ditambah dengan dukungan dari orang – orang tersayang yang tersedkat dan orang sekitar. Sudah seharusnya sekarang juga anda harus mengupayakan menghentikan kebiasaan merokok. Usaha penerangan dan penyuluhan khususnya dilakukan pada kalangan-kalangan muda dapat pula dikaitkan guna upaya penanggulangan bahaya narkotika. Tokoh tokoh panutan masyarakat sudah sepatutnya menjadi teladan dengan menggalang upaya tidak merokok.

108 total views, 3 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.