Bahayakah Mendengkur Itu ?

Bahayakah Mendengkur Itu ? Kesan nyaman saat tidur mungkin akan terpancar saat tidur ketika anda melihat orang mendengkur. Namun apakah mendengkur itu sebuah pertanda baik bagi kesehatan orang tersebut ? Pernahkah anda berpikir bahwa mendengkur itu adalah salah satu gangguan kesehatan ? Mendengkur adalah bunyi yang keluar dari mulut seseorang ketika ada gangguan saluran pernafasan. Seseorang mendengkur karena aliran udara menyempit. Lidah menuju ke bagian belakang da bergetar sehingga mengeluarkan bunyi Dalam artikel ini, akan dibahas lebih jauh tentang fakta yang sebenarnya terjadi ketika seseorang tidur. Yang kemudian akan membantu anda memberikan pandangan apakah mendengkur itu aman atau tidak.

Mendengkur kebanyakan dialami oleh orang lanjut usia. Beberapa studi menunjukkan kebiasaan ini sering dialami sekitar sepertiga orang di usia 55 – 84  tahun. Gangguan ini banyak dialami oleh laki – laki daripada perempuan, 40 % laki – laki dan 25 % perempuan. Mereka biasanya mengeluarkan suara mendengus dan bergetar, ada juga sebagian orang  yang bersiul. Sebenarnya hal ini berasal dari susahnya udara keluar masuk dari tenggorokan mereka karena lidah masuk ke belakang dan menghalangi pernafasan. Kondisi – kondisi yang dapat membuat orang tidur mendengkur antara lain adalah tidur yang telentang, gangguan hidung, permasalahan tenggorokan, usia yang bertambah, berat badan yang bertambah, dan kelelahan.

Jika seseorang tidur telentang, maka secara otomatis lidah akan tertarik  ke belakang dan menjadi penghalang pernafasan. Gangguan hidung seperti polip bahkan pilek ringan biasa juga bisa menjadi faktor gangguan ini muncul. Hal ini disebabkan hidung kita tersumbat lendir pilek yang akhirnya membuat kita bernafas lebih banyak melalui mulut dalam keadaan tidak sadar. Amandel juga menjadi faktor atas adanya gangguan ini. Amandel adalah sebuah benjolan yang ada di tenggorokan yang dapat disembuhkan secara total melalui operasi. Berat badan yang bertambah juga menjadi faktor penting yang menyebabkan manusia mendengkur atau tdak. Pasalnya, jika lemak menutupi bagian larynx tenggorokan, maka dalam posisi miring sekalipun anda akan berpotensi mendengkur. Jika tubuh anda merasa lelah, hal ini juga bisa membuat anda mendengkur, hal ini dikarenakan otot lidah anda akan jauh lebih rileks dan jatuh ke bagian belakang.

Ada kalanya mendengkur itu tidak apa – apa jika terjadi dalam waktu yang tidak berkepanjangan. Mungkin jika anda merasa kelelahan yang mengakibatkan tidur anda mendengkur, hal itu bukanlah suatu masalah. Karena intensitas mendengkur anda pasti lebih sedikit. Namun jika mendengkur terjadi setiap anda tidur, anda perlu waspada terhadap beberapa efek buruk mendengkur berikut :

  1. Hipertensi

Para pendengkur umumnya akan mengalami hipertensi di usia lanjut dikarenakan kebiasaannya. Mendengkur atau disebut dengan sleep apnea dalam dunia kedokteran. Peningkatan tekanan darah ini dikarenakan tubuh anda bekerja keras dalam menghembuskan dan menarik nafas saat tidur. Sehingga, secara tidak sadar tekanan darah yang ada di daerah sekitar tenggorokan akan meningkat.

  1. Sakit Jantung

Sakit Jantung  juga dapat diakibatkan dari kebiaaan ini. Tidak menyangka bukan bahwa penyakit yang mematikan ini dapat disebabkan oleh kebiasaan mendengkur? Hal ini pernah dibuktikan pada sebuah penelitian di tahun 2006 dalam Journal of The American College of Cardiology  bahwa bentuk jantung dapat berubah secara bertahap dengan adanya kebiasaan mendengkur seseorang. Jantung penderita akan dapat menjadi bengkak atau bertambah tebal di satu sisi dibarengi dengan menurunnya kemampuan jantung memompa darah.

  1. Efek Lainnya

Karena mendengkur dapat menaikkan tekanan darah para pelakunya, maka dari siniliah muncul beberapa penyakit lain yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi . Penyakit tersebut antara lain stroke, depresi, kerusakan otak, dan juga sampai kematian.

19 total views, 2 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.