ASI Makanan Bayi Yang Terbaik

ASI Makanan Bayi Yang Terbaik – Air Susu Ibu atau disingkat ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi, memang tidak bisa disangkal lagi. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menurunkan angka kematian bayi saat ini adalah dengan memberikan ASI kepada bayi sendiri., “Mengapa?”. Karena ASI mengandung zat pelindung terhadap infeksi, mengandung nilai gizi yang lengkap dan sesuai untuk pertumbuhan bayi seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin serta beberapakeuntungan lainnya seperti bayi tidak mudah menderita diare, tidak menimbulkan alergi dan memberikan keuntungan psikologisbagi bayi kelak dikemudian hari, karena bayi berhubungan erat dengan ibu sehingga timbul rasa aman dan percaya diri dari sang bayi.

Ibu yang menyusui, akan mendapat manfaat yang besar baik bagi dirinya maupun bagi keuangan keluarga. Misalnya saja akan merangsang kembalinya kandungan kebentuk dan ukuran semula sehingga perut cepat mengecil kembali di samping mengurangi pendarahan setelah melahirkan. Di samping itu, ibu yang menyusui akan menekan kesuburan sehingga akan menjarangkan kehamilan. Tidak mengeluarkan biaya untuk membeli susu bubuk dan mengurangi terjadinya kanker payudara, merupakan keuntungan sekunder untuk sang ibu.

Sebenarnya sampai bayi berumur 4 bulan ibu cukup memberikan ASI saja, karena ASI cukup mengandung zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi. Disamping ASI mudah dicerna dan diserap oleh usus bayi. ASI bebas kuman sehingga terhindar produksi ASI, seperti misalnya.

  • Daun katuk disamak sebagai sayur kuah
  • Bayam duri (Amaranthus spinosus L) seutuhnya sebanyak satu batang setelah dicuci bersih ditumbuk halus, untuk dipakai sebagai tapal disekitar payudara.
  • Biji Jangung (zea mays L) yang tua disangrai sampai retak – retakdan renyah (pop corn). Dimakan setiap hari sampai ASI keluar dengan lancar.
  • Buah blustru (luffa aegyptica mill) Dimasak sayur bening, makan.
  • Daun pepaya (carica papaya L) diremas – remas lalu dilayukan di atas api . Hangat-hangat diletakkan di sekitar payudara.
  • Makan buah pepaya mengakal sebagai makanan buah pencuci mulut sehabis makan.
  • Daun nangka (artocarpus heterophyllus Lamk), senggani (melastoma candidum D. Don), dan beberapa tanaman obat lainnya.

ASI makanan bayi yang terbaik

Selain itu ASI juga membuat bayi menjadi lebih kuat menangkal berbagai penyakit seperti bayi akan terhindar dari diare, terhindar dari masuknya zat pewarna maupun zat pengawet pada bahan makanan buatan atau terhindar dari kemungkinan salah pengenceran sewaktu membuat susu bubuk yang dapat menyebabkan bayi kekurangan gizi.

Supaya ASI cukup diproduksi untuk memenuhi kebutuhan bayi, maka ibu hendak nya menyusui bayi tanpa jadwal, melainkan memberikan sekehendak bayi. Ibu harus cukup minum, sebaiknya ibu minum susu untuk mencukupi kebutuhan gizi, makan – makanan bergizi dan sayuran, tidak merokok karena merokok mengurangi produksi ASI dan cukup istirahat. Meneteki bayi tentunya harus dari dua payudara secara bergantian, sehingga kedua payudara dirangsang untuk sama-sama memproduksi ASI, disamping dapat menghindari terjadinya bendungan ASI yang menyebabkan payudara bengkak dan sakit.

Baca : 5 Alasan Mengapa Cincin Kawin Ditaruh Di Jari Manis

56 total views, 3 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.