Apa itu Kanker Usus Besar ?

Usus adalah tempat sar – sari makanan diserap. Kanker usus yang terjadi manusia tentulah akan mengganggu kecepatan penyerapan sari – sari makanan tersebut. Namun sudahkah kita memahami apa itu kanker usus besar ? Apa saja bahayanya dan apakah gejala yang dapat ditimbulkannya ?

 

Kanker secara umum didefinisikan sebagai perkembangan sel yang abnormal dan dapat membuat sel yang normal menjadi terganggu ataupun rusak karena adanya sel kanker. Sel kanker tersebut bisa saja menggerogoti  sel – sel baik dalam tubuh ataupun memakan protein – protein penting yang dibutuhkan tubuh. Kanker usus sendiri adalah pertumbuhan sel abnormal yang terjadi di dinding usus. Penyakit ini dibagi menjadi dua macam. Pertama, kanker usus kecil dan kanker usus besar. Namun, beberapa kasus menunjukkan bahwa yang paling rentan terjangkit kanker adalah bagian usus besar. 

Tanda – Tnda Adanya Kanker Usus Besar

Dengan mengetahui apa saja yang menjadi ciri – ciri dari kanker usus besar, anda akan dapat melakukan langkah – langka preventif bersama dokter untuk mencegah penyebaran sel kanker . Hal ini juga berguna untuk menghindarkan anda dari peningkatan stadium kanker yang umumnya tidak disadari oleh penderita kanker. Ciri – ciri dari kanker usus besar antara lain adalah :

  1. Ditemukannya darah saat BAB
  2. Diare atau sembelit selama 6 minggu
  3. Penurnan berat badan tanpa diketahui penyebab yang pasti
  4. Perut terasa penuh meski telah buang air besar
  5. Rasa sakit di perut bagian belakang
  6. Rasa lelah yang berlebihan dan terus – menerus
  7. Kembung dan mual

Penyebab Kanker

Dalang dari semua permasalah kanker usus besar belum diketahui secara pasti oleh para dokter dan ilmuwan. Namun, ada beberapa hal yang diidentifikasi menjadi faktor timbulnya kanker usus besar. Faktor – faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya usus besar antara lain adalah cara konsumsi makanan yang keliru (terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berprotein, lemak, dan karbohidrat tinggi tanpa diimbanyi dengan serat), komplikasi dari obesitas, ada riwayat kanker usus besar dari keturunan keluarga, pernah memiliki riwayat polip usus, jarang beraktifitas fisik, mengkonsumsi makanan dengan bahan pengawet dalam jangka waktu lama dan yang terakhir merokok. Faktor – faktor diatas setidaknya sudah cukup mewakili sebagai faktor – faktor yang membuat pasien menjadi penderita kanker usus besar hingga abad ini. 

Pencegahan Kanker dan Penyembuhannya

Dalam mencegah datangnya kanker usus besar pada diri anda, maka yang  paling utama adalah mengkonsumsi serat yang berasal dari sayuran hijau dan buah – buahan.

Bila perlu, tambahlah dengan mengkonsumsi makanan – makanan bervitamin dan mineral sehingga proses penceranaan akan berlangsung lebih mudah. Hal ini juga akan membuat tubuh lebih mudah memetabolisme racun atau bahan – bahan pengawet makanan yang ikut termakan bersama makanan kita. Menghindari merokok juga merupakan langkah preventi yang efektif untuk menangkal penyakit ini. Menurut beberapa studi tentang bahaya merokok, para ilmuwan kabarnya menemukan bahwa perokok akan 3x lipatlebih mudah terkena kanker usus besar.

Jika anda ternyata positif terkena kanker usus besar, maka lakukanlah beberapa hal berikut. Pertama, anda perlu melakukan operasi lokal atau polipectomi (jika pada stadium awal). Kedua, anda bisa saja memiliki opsi bedah usus dimana usus besar yang terkena kanker itu dipotong dan dibuang. Ketiga, anda akan menjalani Reseksi dan kolostoni sebagai tahap penyembuhan akhir terhadap kanker usus yang anda alami.

98 total views, 3 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.