5 Alasan Mengapa Cincin Kawin Ditaruh Di Jari Manis

 

5 Alasan Mengapa Cincin Kawin Ditaruh Di Jari Manis – Dalam sebuah pernikahan tentu ada mahar, dan mahar ini biasanya berupa perhiasan yakni cincin. Cincin ini tidak hanya dikenakan oleh istri tapi suami istri. Makna cincin pernikahan ini melambangkan cinta yang abadi tak berujung yang artinya bahwa sebuah pernikahan adalah untuk hidup bersama selamanya.

Bila diperhatikan cincin pernikahan ini ternyata selalu disematkan di jari manis, hal ini yang selalu menjadi pertanyaan besar. Maka dari itu hebbers, kali kita coba untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ada beberapa alasan mengapa cincin kawin ditaruh di jari manis dijabarkan berdasarkan beberapa hal.

  1. Kepercayaan

Menurut yunani kuno, cincin kawin diletakkan di jari manis karena sebagai lambang cinta antara dua insane manusia yang saling mencintai dan akan hidup bersama selamanya. Hal ini dikarenakan pembuluh darah yang berada pada jari manis (jari keempat) tangan manusia itu menunjukkan darah mengalir langsung ke bagian jantung, dimana pembuluh darah ini disebut “vena amoris” yang artinya pembuluh darah CINTA.

  1. Mitos

Seperti mitos yang beredar menyebutkan bahwa 5 jari tangan manusia melambangkan filosofi keluarga yaitu ibu jari atau jempol mewakili orang tua, telunjuk mewakili saudara kandung (kakak adik), jari manis mewakili pasangan hidup, dan kelingking mewakili anak-anak.

  1. Kebudayaan

Pada kebudayaan orang barat, cincin kawin ditaruh di jari manis tangan kiri. Hal ini berdasarkan teori yaitu dimana kebanyakan manusia dalam aktifitasnya menggunakan tangan kanan sehingga cincin kawin lebih baik ditaruh dijari manis tangan kiri supaya tidak mudah rusak sehingga pasangan merasa lebih aman mengenakan cincin kawin dijari manis tangan kiri.

  1. Kajian Ilmiah (dunia kedokteran)

Jari manis memiliki 2 pembuluh darah yang mengalir ditempat yang berbeda yaitu jalur pertama (pembuluh darah mengalir ke ibu jari, telunjuk, jari tengah dan setengah jari manis), Jalur kedua (darah mengalir ke setengah jari manis dan 1 jari kelingking). Ketahui, hanya jari manislah yang memiliki 2 pembuluh darah sementara 4 jari lainnya hanya 1 pembuluh darah.

Nah dari hasil penelitian ini jari manis dianggap sangat special dikaji dari sudut anatomi. Mengingat pernikahan adalah sesuatu yang special dan sangat berharga ,Oleh sebab itu cincin kawin ditaruh di jari manis.

  1. Berdasarkan filosofi dan fakta

Anda bias membuktikkan alasan mengapa cincin kawin sebaiknya ditaruh di jari manis dengan mencoba praktek dibawah ini :

  • Tekuk jari tengah anda ke dalam
  • Lalu tempelkan kedua tangan anda dengan mempertemukan masing-masing ujung jari
  • Langkah 1: Buka ibu jari (melambangkan kita akan membentuk suatu keluarga baru sebagai calon orang tua dan terpisah dengan orang tua). Lalu tutup kembali
  • Langkah 2 : Buka telunjuk (melambangkan kakak adik yang artinya bahwa kelak anda dan saudara kandung anda akan memiliki kehidupan keluarga sendiri sendiri dan berpisah dengan anda). Lalu tutup kembali.
  • Langkah 3 : Buka kelingking (melambangkan anak-anak yang berarti cepat atau lambat setelah menikah anda tentu memiliki anak dan membentuk keluarga baru). Tutup kembali
  • Langkah 4 : Coba buka jari manis. Gimana bias atau tidak…??… Jawabannya tentu tidak bias. Tentu anda akan heran mengapa jari manis tidak bias dibuka.

Nah inilah jawabannya alasan mengapa cincin kawin ditaruh di jari manis karena jari manis melambangkan SUAMI ISTRI yang berarti anda dan pasangan anda akan hidup bersama selama-lamanya dan tidak terpisahkan. Maka dari itu Bila kita sudah memiliki pasangan, jangan sia-siakan apalagi menyakiti hatinya, selama masih ada waktu bersama berusahalah untuk selalu membahagiakan pasanganmu, baik susah mapun senang baik suka ataupun duka. Salam Hebbers.

Baca Juga : 10 hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah

271 total views, 5 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.