12 Jenis Daun Yang Beracun Yang Ada Di Sekitar Kita

12 Jenis Daun Yang Beracun Yang Ada Di Sekitar Kita – Halo hebbers… Tahukah kamu kalau disekitar kita ini tidak hanya banyak ditumbuhi tanaman-tanaman obat yang berkhasiat tapi ternyata juga ditumbuhi tanaman-tanaman yang diindikasi mengandung racun yang sangat berbahaya. Nah maka kali ini kita akan mengulas mengenai daun yang beracun yang ada disekitar kita ini.

  1. Jarak / biji kasturi

jarak

Dalam jarak mengandung zat ricin, yang merupakan sejenis racun yang mematikan, Gejala yang ditimbulkan seperti sesak napas, kulit membiru, muntah, demam, mual, batuk, halusinasi, urin berdarah, menimbulkan rasa sakit pada mata dan kulit serta dehidrasi.

  1. Bunga Terompet

Bunga terompet

Dalam bunga ini terdapat kandungan zat hallucinogen Sejenis zat yang apabila mengenai seseorang dapat menimbulkan halusinasi. Termasuk tanaman Narkotika. Kandungan zat kimia lain seperti atropine, scopolamine, dan hyoscyamine bersifat anticholinergics yang dapat membuat seseorang kehilangan kesadaran.

  1. Wolfsbane

wolfsbane

Termasuk salah satu tanaman beracun, semua bagiannya mengandung racun, tanaman ini mengandung alkaloid sejenis zat beracun mematikan. Resikonya dapat menyebabkan kelumpuhan dan kerusakan jantung, hingga resiko terbesarnya adalah kematian.

  1. Racun bushman

Racun bushman

Di afrika selatan dikenal sebagai tanaman obat racun yang bisaanya dipakai sebagai pelumas untuk anak panah. Bunga tanaman ini berbau harum dan buahnya enak, namun getah dari tanaman ini banyak mengandung racun berbahaya.

  1. Daphne

daphne

Tanaman ini memiliki bunga yang harum tapi diindikasi mengandung racun sejenis mezerin. Apabila seseorang mengkonsumsi daun atau buah merah atau buah kuningnya dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir lidah hingga menyebabkan mereka kesulitan menelan, mual, muntah dan terjadi pendarahan di mulut.

  1. Choke cherry

coke cherry

Tanaman asli Amerika utara dengan ciri buah berwarna ungu kehitaman dengan diameter 1 cm. Dalam tanaman ini mengandung zat asam hydrocyanic dimana zat ini apabila diberikan pada hewan dapat membuat hewan tersebut meninggal dalam waktu 60 menit.

  1. Belladonna

belladona

Tanaman belladonna atau nightshade juga dikenal dengan nama cherry hitam atau cherry setan. Semua bagian tanaman ini mengandung racun yakni zat atropine (sejenis racun alkaloid mematikan).

  1. Snakeroot

snake root

Dikenal dengan nama latin Ageratina altisima sejenis tanaman beracun asal amerika utara, Snakeroot mengandung racun tremetol. Racun Tanaman ini sangat berbahaya bagi manusia yang tapi penularannya tidak secara langsung melainkanm melalui daging ternak yang dikonsumsi yang mana ternak tersebut terindikasi mengkonsumsi tanaman ini.

  1. English Yew

english yew

Dikenal dengan cemara inggris, termasuk salah satu pohon yang paling mematikan didunia. Banyak dijumpai di Negara eropa. Pohon cemara ini dianggap aneh karena semua bagian pohon mengandung racun kecuali buahnya. Racun ini dapat berakibat kelumpuhan hingga berakhir kematian. Racun ini dikenal dengan taxine (C20H36) sejenis alkaloid pemicu serangan jantung.

  1. Ubi Racun atau Singkong Karet

singkong karet

Singkong atau ubi memang diindikasi mengandung racun, tapi singkong pahit atau singkong karet atau ubi racun mengandung racun yang melebihi singkong manis. Racun ini berasal dari umbi dan daun. Racun ini dikenal dengan racun sianida, racun ini diindikasi terdapat pada singkong dicirikan terdapat warna kebiruan apabila umbi singkong terlalu lama terkena udara. Dan racun ini akan berkurang apabila dipanaskan, namun sayangnya terkadang ada orang keracunan singkong itu akibat mereka salah dalam pengolahannya.

  1. Kecubung

kecubung

Beberapa khasiat dalam kandungan daun kecubung berkhasiat sebagai obat seperti asma, rematik, pegel linu, eksim, dan nyeri haid. Namun biji kecubung mengandung zat alkaloid yang bersifat halusinogen, apabila berlebihan dalam mengkonsumsi dapat menimbulkan gejala mual, muntah, gelisah, sesak napas, dan nadi berdenyut kencang. Beberapa kasus juga ditemukan bahwa racun dari biji kecubung ini digunakan untuk obat bunuh diri.

  1. Gympie-gympie

gympie2

Orang luar negeri mengenal tanaman ini sebagai tanaman penyengat. Racun moroidin yang terdapat pada bulu tanaman gympie-gympie ini bila terkena kulit dapat membuat kulit terasa panas seperti tersengat. Tanaman ini dapat dijumpai dihutan Maluku, Indonesia. Nah untuk itu apabila kalian masuk ke hutan Maluku, berhati-hatilah dan waspada dengan tanaman ini karena beresiko besar terkena racunnya yang mematikan.

Baca artikel sebelumnya : Tanaman Obat Diabetes

3,535 total views, 25 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.