10 Manfaat Puasa Yang Banyak Orang Tidak Tahu

10 Manfaat Puasa Yang Banyak Orang Tidak TahuIbadah puasa adalah salah satu ibadah dimana seseorang diharuskan untuk menahan rasa haus dan rasa lapar dalam beberapa waktu tertentu. Kebanyakan ibadah puasa ini dikenal saat menjelang bulan ramadhan dimana khususnya seluruh umat muslim didunia wajib menjalan ibadah puasa sesuai syariat islam. Yakni berpuasa menahan rasa lapar, rasa haus dan hawa nafsu mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Bagi seseorang yang tidak terbiasa menjalankan puasa biasanya tidak kuat menahan apa yang syaratkan sehingga puasa adalah hal terberat dalam hidup, namun sebenarnya baik menurut ulama, ustadz ataupun medis ternyata melakukan puasa justru akan membuat badan menjadi sehat. Hal ini dikarenakan saat kita berpuasa itu berarti kita memberikan waktu istirahat untuk organ pencernaan selama satu tahun bekerja sangat keras. (Baca : Website Distributor Obat Herbal No 1 di Indonesia sistem Marketplace).

Mau tahu lebih jelas apa saja manfaat puasa yang banyak orang tidak tahu, cekidots…!!!

  1. Ketika puasa ternyata dalam tubuh terjadi peningkatan HDL dan penurunan LDL sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan saat berpuasa mempengaruhi tekanan penurunan distribusian sirkadian dari hormone kortisol, melatonin, suhu tubuh dan melatonin.
  2. Mempengaruhi kondisi psikolgis yang dapat memberikan efek tenang, nyaman teduh, enteng amah sehingga dapat menurunkan adrenalin. Karena bila adrenalin ini mengalami peningkatan maka akan menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah perifer yang dapat memicu resiko penyakit stroke, jantung koroner dan otak.
  3. Meberikan kesempatan pada tunas baru sel dlam memperbaiki dan menstimulasi fungsi dan kinerja asam amino serta dapat membersihkan sel-sel lemak jenuh yang menggumpal pada hati.
  4. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengendalikan kadar gula darah. Sehingga puasa ini berdampak positif dalam mengatasi penyakit diabetes, kolesterol, obesitas dan hipertensi. Tapi tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh penderita diabetes akut, batu ginjal dan jantung koroner akut. Karena justru akan menurunkan system imun tubuh yang dapat membuat tubuh menjadi drop dan penyakitnya semakin parah.
  5. Manfaat lain puasa yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh yaitu membantu membersihkan usus, menstimulasi kinerja system pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa endpapan dari makanan yang dicerna. Menurunkan berat badan serta menghilangkan lemak berlebihan di daerah perut. Sehingga maanfaat puasa sangat berdampak positif sekali dalam menjaga kesehatan tubuh.
  6. Mengontrol dan mengendalikan nafsu dan emosi. Bagi seseorang yang temperamental disarankan untuk berpuasa karena dengan berpuasa kita dapat melatih kesabaran menjadi lebih tingkat lagi. Sehingga dapat mengontrol nafsu kejahatan serta belajar untuk selalu mensyukuri nikmat.
  7. Selama puasa kita diwajibkan untuk menahan rasa haus sehingga saat puasa kita bisa mengurangi konsumsi air yang efektif dalam meningkatkan konsentrasi urine dalam ginjal dan kekuatan osmosis urin. Hal ini bertujuan dapat memberikan perlindungan pada fungsi ginjal dan memacu fungsi kinerja pada pembuluh darah.
  8. Berpuasa juga mampu meningkatkan system kekebalan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa terjadi peningkatan limfosit 10 kali lipat.
  9. Meningkatkan system detoksifikasi tubuh pada organ hati, ginjal, dan organ tubuh lainnya membantu melepaskan racun keluar tubuh. Pasalnya makanan olahan yang kita konsumsi kebanyakan mengandung zat adiktif yang dapat menumbuhkan racun dan masuk kedalam tubuh dan tersimpan dalam lemak tubuh. Nah ketika kita berpuasa lemak jenuh ini akan dibakar habis ooleh tubuh.
  10. Disamping itu berpuasa dapat membantu para pecandu rokok, alcohol, kafein dan lainnya untuk berhenti. Puasa juga tidak dianjurkan dilaksanakan untuk wanita hamil, penderita nyeri ulu hati, ibu menyusui (baca : ASI Makanan Bayi Yang Terbaik), dan masalah ginhal, hati dan jantung. Sebaiknya bila ingin melakukan puasa konsultasikan dulu ke dokter atau ahli kesehatan supaya mendapatkan pengarahan yang tepat untuk berpuasa.

37 total views, 3 views today

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.